20 Juni 2012

Dampak Negatif Terlalu Lama Bekerja di Depan Komputer


Bekerja di depan komputer atau laptop selama berjam-jam terkadang sulit dihindari. Paparan komputer dengan frekuensi tinggi dapat memicu penuaan dini. Ahli bedah kosmetik Inggris, Dr Prager dan Dr Mohan Thomas, menambahkan, ketegangan ekspresi wajah dan pancaran radiasi layar komputer bisa memengaruhi timbulnya garis-garis halus di wajah.


"Karena Anda serius dan asyik dalam pekerjaan, Anda cenderung melupakan perubahan ekspresi wajah. Sementara radiasi elektromagnetik memengaruhi pori-pori kulit," ujar Thomas. "Cara pencegahan terbaik adalah mencuci wajah setelah menggunakan komputer dan melembabkan kulit wajah dengan sentuhan pijat lembut.”

Konsultan dan ahli bedah kosmetik, Dr Anshuman Manaswi, menyatakan bahwa menggunakan komputer selama berjam-jam tidak hanya merusak kulit, tapi juga mata dan tulang. "Wanita duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama bisa memicu kerusakan postur tubuh, dan merusak mata," ujarnya.

Tidak adanya gerakan otot leher dan gerakan bahu selama berhadapan dengan komputer sangat mengganggu kesehatan. Itulah mengapa penting melakukan gerakan olahraga sederhana sambil duduk atau beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dengan komputer.

Berikut adalah beberapa gangguan pada tubuh yang dapat terjadi akibat terlalu lama di depan komputer, seperti dilansir Boldsky, Kamis (26/1/2012).

Gangguan saraf pada jari
Apakah Anda pernah merasa kesulitan menggerakkan jari-jemari Anda setelah Anda mengetik beberapa naskah? Kalau ya, tahukah Anda apa penyebabnya? Hal ini karena benjolan di sendi jari Anda. Fleksibiltas tendon jari melonggar, akibatnya ada kecenderungan bahwa jari-jari Anda seperti "terkunci" dan terbuka kembali dengan bunyi suara "krek".

Bahu nyeri
Ini merupakan gangguan gaya hidup pada profesi apapun yang berhubungan dengan komputerisasi. Sebelumnya orang membawa tas kerja atau folder ke kantor, sekarang tas berisikan laptop yang beratnya melampaui titik ketegangan otot bahu. Hasilnya adalah rasa sakit yang parah pada bahu sehingga terasa nyeri dan berbekas warna merah.

Postur tubuh membungkuk
Dapatkah Anda duduk lurus selama delapan jam dalam sehari? Hal ini sangat sulit. Kecenderungan tubuh akan membungkuk atau menetapkan ke posisi yang lebih nyaman. Hasilnya adalah gangguan pada postur tubuh yang memburuk.

Mata kering
Tidak masalah jika Anda mengenakan kacamata anti-silau, pandangan mata yang buruk adalah dampak dari pekerjaan yang mengharuskan menatap layar menyala terus-menerus. Ketika menatap layar, kita cenderung berkedip lebih sedikit daripada waktu yang normal atau dari yang seharusnya. Jika mata kering dan Anda secara tak sadar sering kali menggosoknya, dapat menyebabkan masalah serius di kemudian hari.

Impotensi
Jangan terkejut! Impotensi adalah bahaya pekerjaan yang umum pada dewasa ini. Jika Anda menjaga laptop secara langsung di pangkuan, maka Anda telah membunuh cukup sperma. Maka dari itu, selalu gunakan papan atau baki untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau ini bisa menjadi penyebab impotensi setelah digunakan berkelanjutan.


Cara Baik Bekerja Menggunakan Komputer


Anda telah mengetahui dampak negatif yang diakibatkan oleh pemakaian komputer. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah ” Bagaimana mengatasi hal itu, terutama masalah yang berhubungan dengan kesehatan?’ Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mencegah terjadinya efek yang tidak baik bagi kesehatan sewaktu menggunakan komputer.

Pertama, pemakai komputer harus mengatur postur tubuh dan mengetahui cara mengetik yang benar, mengatur perlengkapan, seperti kursi, dengan tepat dan memiliki kebiasaan kerja yang baik.
Kedua, pemakaian bisa menggunakan perangkat khusus seperti keyboard yang bersifat ergonomis dan tatakan untuk pergelangan tangan. Ketiga, pemakaian menggunakan gabungan cara pertama dan kedua. Namun, perlu diketahui, cara pertama lebih murah daripada cara kedua, mengingat harga perangkat yang bersifat ergonomis relatif mahal.
Ergonomi adalah bidan studi yang berhubungan dengan interaksi manusia dengan peralaatan. SIfat ergonomis adalah sifat yang membuat kondisi kerja maupun peralatan lebih nyaman.
Berikut ini dijelaskan sejumlah panduan tentang cara yang baik dalam beriteraksi dengan perangkat keras.

Jangka menggunakan komputer
Dianjurkan untuk beristirahat setiap 1 jam sekali dalam 5 atau 10 menit dengan cara beranjak dari tempat duduk.

Penggunaan monitor
Ujung monitor teratas sejajar atau sedikit lebih rendah dengan ketinggian mata. Untuk mengurangi pancaran sinar dari layar CRT, digunakan filter layar.

Posisi Kursi
Punggung kursi sedikit mirign kedepan.

Meja Kerja
Meja kerja harus dapat menampung monitor, keyboard, mouse, serta memungkinkan posisi tangan yang santai bagi pemakai.

Sumber cahaya
Sumber cahaya sebaiknya berasal dari belakang kepala

Posisi keyboard
Sedikit di bawah siku

Penjepit Kertas
Bila aktivitas mengetik sering dibarengi aktifitas membaca kerjas, sebaiknya pergunakan penjepit kertas yang dipasang di sebelah monitor dengan tujuan memungkinkan mata memandang sejajar antara monitor dengna posisi kertas.

Posisi Tangan
Posisi tangan dan lengan tangan diusahakan lurus ketika melakukan pengetikan. Usaha pergelangan tangan tidak manumpu pada benda apa pun.

Posisi kepala
Kepala tegak dengan punggung dan berjarak sekitar 45 cm sampai 75 cm dari layar monitor.

Posisi kaki
Kaki menapak pada lantai atau pada sandaran kaki.

Posisi pergelangan tangan
Menggantung bebas. Tidak menempel pada alas meja.

Referensi :

1 komentar:

  1. bgs sob materinya jgn lupa follow n like back my blog d http://aanborneo.blogspot.com/
    oke...trims...slm knl

    BalasHapus