19 April 2013

Karya Tulis - Bahasa Indonesia 2



Alternatif Charging Ponsel dengan


Menggunakan Power Bank




Tulisan Ilmiah - Bahasa Indonesia 2

Nama : Yuniko Galuh
Npm : 18110784
Kelas : 3KA10







DAFTAR ISI


DAFTAR ISI.............................................................................................. 2

KATA PENGANTAR............................................................................... 3

BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 4

1.1 Latar Belakang ..................................................................................... 4
1.2. Rumusan Masalah ............................................................................... 5
1.3. Tujuan.................................................................................................. 5

BAB II LANDASAN TEORI................................................................... 6


BAB III PENUTUP.................................................................................. 9

4.1 Kesimpulan........................................................................................... 9
4.2 Saran..................................................................................................... 9

BAB VI DAFTAR PUSTAKA............................................................... 10





KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan karunia-Nya penulis dapat menyeselesaikan penulisan karya tulis ini yang berjudul “Alternatif Charging Ponsel dengan Menggunakan Power Bank”. Karya tulis ini disusun sebagai salah sattu syarat untuk mendapatkan nilai mata kuliah Bahasa Indonesia (Softskill).

Dengan selesainya karya tulis ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Bapak Jono Suroyo selaku Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia
2. Teman-teman 3KA10
3. Serta pihak-pihak yang tidak bisa disebutkan satu-persatu
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari karya ilmiah ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.


Jakarta, Fberuari 2013


Penulis





BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Baterai merupakan bagian paling penting dalam aktivitas gadget. Tanpa baterai tentunya kita tidak bisa menggunakan gadget tersebut bahkan hanya untuk menyalakan. Banyaknya aplikasi yang berjalan dan kebutuhan yang harus selalu online, membuat baterai lebih cepat habis daya. Untuk men-charge memerlukan kabel charge ponsel yang berhubungan dengan listrik. Padahal tidak setiap saat kita berada di area yang menyediakan kabel listrik contohnya, dalam perjalanan atau keadaan terjadi mati listrik.
Hal ini merupakan salah satu alasan sebagian masyarakat membutuhkan baterai cadangan atau Portable Charge, agar gadget dapat bertahan lama. Selain harga baterai original lebih mahal, bila menggunakan baterai cadangan, otomastis segala layanan yang sedang kita nikmati akan terputus saat proses penggantian baterai dan cara ini kurang efektif.
Power Bank atau biasa disebut Portable Charge adalah sebuah alat portable yang mampu menyimpan energy listrik, bisa digunakan untuk men-charge berbagai macam gadget salah satunya adalah ponsel. Jadi kita tidak perlu mencabut baterai untuk men-charge, dengan cara mencolokkan kabel Power Bank tersebut ke hp kita baterai bisa terisi sama seperti men-charge. Ini adalah sebuah alternatif baru dalam dunia gadget, maka dari itu saya ingin memberi informasi lebih mendalam kepada pembaca tentang Power Bank atau Portable Charge.









1.2. Rumusan Masalah

1. Apa manfaat spesifik dari Power Bank untuk ponsel?
2. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi penggunaan Power Bank dalam kehidupan sehari-hari?
3. Adakah dampak negative dalam penggunaan Power Bank dalam jangka panjang untuk ponsel?
1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan dalam karya tulis ini dalah mengetahui manfaat Poer Bank untuk ponsel, mengetahui pengaruh Power Bank di dalam kehidupan sehari-hari, dan mengetahui dampak positif dan negative menggunakan Power Bank.













BAB II

LANDASAN TEORI

2.1. Power Bank

1) PENDAHULUAN
Makin canggihnya ponsel jelas berdampak langsung pada konsumsi energi baterai yang lebih besar. Hal ini membuat gadget jadi lebih sering di charge. Bila suatu saat kita tidak mendapat koneksi listrik untuk proses charging, maka keberadaan baterai cadangan dan Power Bank Charger bisa menjadi solusi agar ponsel bisa tetap hidup.
Pada dasarnya, Power Bank adalah sebuah alat untuk menyimpan energi. Banyak juga yang menyebut Power Bank sebagai Portable Charger, yakni alat untuk mengisi ulang gadget ketika kita sedang bepergian. Kemampuannya menyimpan energi dan mentransfernya ke gadget lain menjadikan power bank sebuah alat pendukung yang wajib dimiliki para pengguna mobile gadget yang jarang bertemu, atau tidak sempat mendapati sumber listrik untuk men-charge gadgetnya.
Power bank dijual dengan kapasitas tertentu, dari 3000 mAh hingga 11000 mAh, yang memungkinkan alat ini mentransfer energi yang disimpannya untuk memenuhi kebutuhan energi gadget lain yang memiliki kapasitas baterai dibawahnya. Sebagai contoh, dengan power bank berkapasitas 3000 mAh, kita bisa men-cas handphone yang memiliki kapasitas baterai 1500 mAh hingga 2x cas penuh.
Power bank umumnya dilengkapi dengan beragam colokan yang memungkinkan alat ini dipakai untuk men-cas aneka macam gadget, khususnya handphone. Fleksibilitas ini sangat memungkinkan kita hanya membawa satu power bank untuk men-cas beberapa jenis gadget dalam aktivitas mobile.


Power bank saat ini telah diproduksi oleh beberapa perusahaan sehingga di pasaran, sobat akan mendapati aneka model power bank dengan kapasitas serta keunggulan masing-masing. Tentu dengan manfaat yang sangat besar tersebut, umumnya power bank dibanderol dengan harga 300 ribu keatas. Tentu nominal tersebut bukanlah nilai yang sangat besar ketika kita ingin dimanjakan dengan fleksibilitas pengisian baterai dimanapun dan kapanpun, tanpa tergantung dengan sumber listrik.

Baik Power Bank dan baterai cadangan punya karakteristik tersendiri, keduanya punya sisi plus minus dalam penggunaannya. Keduanya pun punya rentang harga yang berbeda. Bila bingung untuk menggunakan Power Bank atau baterai cadangan, berikut penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan pada masing-masing asesoris tersebut.
Baterai Cadangan
Kelebihan
1. Bila menggunakan baterai cadangan, artinya Anda mengganti baterai lama dengan yang baru. Secara langsung hape akan melalui fase restart, dampak positif dari proses ini adalah performa hape akan menjadi lebih ‘segar’, karena beragam setting dan aplikasi yang bekerja akan mulai dari awal lagi, beban prosesor akan lebih ringan.
2. Dengan baterai cadangan, bobot yang Anda bawa tentunya cukup ringan dan ringkas.
3. Baterai cadangan juga punya kehandalan pada segi keringkasan, yang jelas Anda tidak membutuhkan kabel USB.
Kekurangan
1. Otomatis segala layanan yang sedang Anda nikmati, semisal voice call dan browsing intenet akan terputus saat proses penggantian baterai.
2. Baterai cadangan tentunya punya spesifikasi dan desain yang spesifik pada suatu jenis hape. Baterai tidak bersifat universal.
3. Untuk baterai original harganya lebih mahal.
4. Bila ingin melakukan proses charge bersamaan antara dua baterai, Anda perlu desktop charger secara terpisah.

Power Bank Charger

Kelebihan
1. Umumnya Power Bank mempunyai spesifikasi high power dengan kapasitas mAh yang sangat besar, jauh dibanding baterai cadangan. Hal ini menjadikan proses charging bisa lebih cepat.
2. Power bank charger bersifat universal, artinya dengan port microUSB atau miniUSB dapat mensuplai energi beberapa gadget yang berbeda merek.
Kekurangan
1. Beberapa kasus power bank malah dapat mempersingkat umur baterai, pasalnya ukuran tegangan yang tidak sesuai antara power bank dengan hape itu sendiri.
2. Harga masih relatif mahal, terutama power bank merek ternama yang mempunyai kualitas bagus, seperti buatan Alkaline, Panasonic dan Sanyo.
3. Bobot power bank relatif berat, dan beberapa jenis harus dioperasikan dengan dukungan kabel USB.
4. Power bank juga memerlukan proses charge seperti halnya baterai, dan biasanya durasinya bisa mencapai 5 sampai 6 jam sampai kapasitas penuh.
Dengan melihat kondisi tersebut, maka makalah ini berjudul “ALTERNATIF CHARGING PONSEL DENGAN MENGGUNAKAN POWER BANK”.







BAB III

PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari penjelasan yang telah di uraikan di bab IV (pembahasan), maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :
• Masyarakat lebih memilih menggunakan Power Bank daripada baterai cadangan disaat mereka tidak bisa menr-charge.
• Rata-rata yang menggunakan Power Bank adalah orang yang lama berada di luar dari jangkauan listrik.
• Akan tetapi belum dipastikan orang menggunakan Power Bank secara teru-menerus menggetahui dampak negatif dari alat portable tersebut.

3.2. Saran

• Karena sekarang sudah beredar Power Bank yang murah, masyarakat harusnya lebih waspada dalam memilih Power Bank yang akan mereka gunakan, karena percuma saja membeli Power Bank yang murah tapi malah membuat baterai lebih cepat rusak.
• Ada baiknya jangan ketergantungan dengan Power Bank, kalau di lingkungan masih bisa untuk men-charge pakailah chargeran saja.







BAB VI

DAFTAR PUSTAKA

[1] IPA Terpadu SMP/Mts Kls IX A, waktu akses : 21 Januari 2013

pukul 23.00 WIB
[2] http://portal.paseban.com/article/10322/portable-power-bank, waktu : 20 Januari 2013 pukul 15.00 WIB
[3] http://www.tongkonanku.com/2012/10/power-bank-portable-charger.html, waktu : 19 Januari pukul 17.00 WIB
[4] http://www.selular.co.id/tips/TipsnSolusi/2012/12/97/Plus-Minus-Gunakan-Power-Bank- Charger-dan-Baterai-Cadangan, waktu : 6 Februari 2013 pukul 20.00 WIB
[5] http://www.bloggergundul.com/2012/06/apa-itu-power-bank.html , waktu : 7 Februari 2013 pukul 11.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar