2 April 2014

Pertemuan 1 - Etika & Profesionalisme


1. Jelaskan pengertian dari etika, profesi dan profesionalisme.
2. Sebutkan ciri khas profesi dan ciri-ciri profesionalisme.
3. Jelaskan kode etik profesional.

Jawab
1. Pengertian etika, profesi dan profesionalisme.
• Etika bisnis adalah nilai-nilai dan norma-norma moral yang harus dipegang oleh semua pelaku bisnis, baik perorangan maupun sebagai perusahaan atau nilai-nilai dan norma-norma moral yang dipakai oleh seseorang atau suatu kelompo sebagai pegangan bagi tingkah lakunya.
• Profesi dapat dirumuskan sebagai pekerjaan yang dilakukan sebagai nafkah hidup dengan mengandalkan keahian dan keterampilan yang tinggi dan dengan melibatkan komitmen pribadi (moral) yang mendalam.
• Profesionalisme adalah orang yang melakukan suatu pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan keahlian dan keterampilan yang tinggi serta punya komitmen pribadi yang mendalam atas pekerjaannya itu.

2. Ciri khas profesi dan profesionalisme.
• Ciri khas profesi adalah aseptabilitas atau kesedian menerima sebagai kebalikan motif menciptakan uang.
• Ciri khas seorang profesional adalah komitmen untuk mencapai kecakapan yang tinggi dalam pengetahuan dan keterampilan serta untuk melayani kebutuhan-kebutuhan manusia dengan karakter moral yang baik.

3. Kode etik profesional
Kode etik profesional berkembang karena adanya hubungan khusus yang sangat erat antara para praktisi profesional dan kliennya. Prinsip bisnis, yang mengatakan bahwa tanggung jawab atas kualitas barang yang dibeli ada di tangan konsumen, tidak berlaku saat profesional menjual jasanya kepada masyarakat.

Referensi :
K.Bertens. 2003. Keprihatinan Moral. Penerbit Kanisius.
A. Sonny Keraf. 1998. Etika Bisnis, Tuntutan dan Relevasinya. Penerbit Kanisius.
E. Sumaryono. 1995. Etika Profesi Hukum. Penerbit Kanisius.
Hiro Tugiman. Standar Professional Audit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar