12 Mei 2014

Perkembangan Bisnis Online Shop

Berkembangnya ilmu teknologi di dunia termasuk Indonesia yang terus mengikuti perkembangan teknologi. Hampir semua masyarakat Indonesia pun mengikuti dan menggunakan teknologi yang ada termasuk dalam hal komunikasi. Sebelum jauh – jauh saya jelaskan tentang Contoh proses Transaksi penjualan melalui HP yang awalnya hanya sebagai media untuk komunikasi, tetapi sekarang di kembangkan juga aplikasi – aplikasi pendukung seperti aplikasi pada HP brand Blackberry yang mengadakan fitur BBM atau Blackbarry Messenger yang berfungsi untuk Chat/ berbincang singkat secara cepat, tetapi sekarang di manfaatkan untuk media berjualan lkarna kita sebagai penjual dapat menampilkan Foto Barang yang kita jual secara mudah dan cepat, konsumen yang menjadi anggota BBM kita dapat melihat secara mudah foto – foto product yang kita jual, jika tertarik hanya tinggal chat/ ngobrol dan bertransaksi dengan cepat. Transaksi di lakukan dengan terlebih dahulu transfer sejumlah uang yang telah di sepakati melalui media Perbankan yang telah di pilih dan mengrimkan bukti transfer yang telah dikirim dengan tertera sejumlah uang dan nama tujuan pengiriman uang.
Setelah itu penjual mempersiapkan barang yang diinginkan pembeli untuk di kirim melalui jasa pengriman barang, setelah itu selesai transaksi penjualan. Transaksi ini mudah dan menguntungkan dimana Penjual tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk menyewa kios/toko tempat berjualan, hanya dengan mengeluarkan uang laganan service internet. Keuntungan untuk pembeli, mereka tidak perlu jauh – jauh berpergian untuk mencari barang yang mereka inginkan karna hanya perlu memesan dan barang akan di kirim ke rumah mereka.

Itu hanya salah satu contoh Media yang di gunakan untuk Online Shop, sebenarnya masih banyak lagi media aplikasi yang di gunakan untuk berjualan, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Selanjutnya akan di bahas lagi perkembangan sejarah Bisnis Online Shop di Indonesia.
Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotelmaupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat menjadi media dalam Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.

Internet sebagai media marketing sebenarnya sudah populer di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based www.yahoo.com kemudian disusul oleh kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda Lawrence dan Sergrey Brin. Pendiri Google dalam waktu singkat berhasil masuk dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun tahun selanjutnya berdiri juga website berbasis social bookmarking anatara lain : www.friendster.com yang didirikan oleh Jonathan abram, www.facebook.com Oleh Mark Zukenberg.
Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global. Dimana pun dan kapan pun semua orang di dunia dapat melihat product yang kita jual dan memesannya.

Bisa dikatakan dalam dekade terakhir perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya. berbagai situs tersebut ada yang murni Online business ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain Bisnis online di Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia Internasional. selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir 2000 s/d 2010.

Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online

Tetapi seiring dengan perkembangan tersebut ada masalah lain yang timbul akibat transaksi jarak jauh seperti ini. Seperti penipuan mengenai product yang tidak sesuai dengan kenyataan, ketika di foto dengan barang yang di terima konsumen tidak sesuai. Lalu ada lagi penipuan ketika konsumen sudah mentransfer sejumlah uang kepada penjual, tetapi sang penjual malah hilang dan tidak mengrimkan barang yang telah menjadi hak konsumen setelah membayar kewajibannya. Mnurut saya pribadi begitu banyak kendala dan juga masalah yang timbul dari transaksi melalui Jejaring Social atau pun media internet, tetapi kembali lagi kepada kita sebagai konsumen harus lebih hati – hati sebelum memutuskan membeli, kita harus melihat apakah penjual di bisnis online ini profesional atau hanya ajang penipuan, lihat dari comment – comment dari konsumen lainnya dan juga seberapa aktif penjual itu update di media socialnya. Sistem ini memang memudahkan Pnejual dan Pembeli, tetapi saking mudahnya kita pun lebih berhati – hati.

Referensi :
http://perkembanganbisnisonlinediindonesia.blogspot.com/

3 komentar:

  1. nah, kalau untuk sekarang2 sepertinya pemasaran produk lebih menjanjikan melalui media sosial ya? bisa sekalian nitip alamat website juga :)
    thanks

    BalasHapus
  2. Setujuh dengan koment diatas ane, secara pengguna mobile phone saat ini sedang menjamur

    BalasHapus
  3. Media Sosial bagus agan2 tapi nilai trust bagi user masih kurang, mungkin bisa dengan aplikasi online shop atau website onlineshop agan agan

    Kunjungi:
    Jasa Pembuatan Aplikasi Android
    atau
    Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Android

    BalasHapus